Tips Belajar Nahasa Inggis (1)

Belajar Bahasa Inggris



Tips Belajar Bahasa Inggris (Bagian 1)



Dalam belajar apapun, kita harus memiliki planning untuk mencapai tujuan atau target yang kita inginkan. Demikian pula halnya dengan belajar Bahasa Inggris. Ada beberapa Tips yang dapat kita lakukan dalam mempelajari Bahasa Inggris, yaitu :

1. Tetapkan Tujuan

Agar kita lebih termotivasi untuk mendalami atau belajar Bahasa Inggris, maka Anda harus mempunyai suatu tujuan, target atau goal yang hendak dicapai.  Tujuan-tujuan tersebut bisa berupa tujuan jangka pendek ataupun jangka panjang.  Salah satu tujuan jangka pendek dalam belajar bahasa Inggris adalah belajar secukupnya agar dapat mereservasi sebuah kamar hotel.  Sedangkan tujuan jangka panjang bisa berupa melanjutkan pendidikan di luar negeri, bekerja secara permanent di perusahaan asing atau mendapat skor 6.5 untuk ujian IELTS atau pun target tertentu di ujian TOEFL.

2. Bersiaplah untuk Bekerja Keras

Belajar bahasa apapun tidaklah mudah. Apalagi Bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa internasional, pasti banyak dipengaruhi oleh bahasa asing lainnya di dunia. Sehingga jika kita teliti, cara membaca huruf dalam Bahasa Inggris, tidak konsisten. Contohnya, membaca huruf a dibaca a sebagaimana a pada Bahasa Indonesia, namun kadang dibaca e sebagaimana huruf e pada kata ‘lemah’ dalam Bahasa Indonesia. Banyak orang yang mempunyai kesibukan lain selain belajar Bahasa Inggris.  Jadi Anda harus mengerti akan hal ini dan sabar dalam proses belajar.  Namun tidak banyak yang akan bisa Anda capai bila Anda tidak berusaha.  Meskipun Anda memiliki guru terbaik di dunia, kemajuan atau progress Anda sangat tergantung pada diri Anda sendiri. 

3. Luangkan Waktu

Banyak di antara kita mempunyai rutintas dalam kehidupan sehari-hari begitu sibuk dan biasanya tidaklah mudah untuk menambah hal baru ke dalam kegiatan sehari-hari kita.  Belajar bahasa Inggris membutuhkan disiplin.  Anda perlu meluangkan waktu untuk belajar dan benar-benar belajar pada saat itu.  Tidak masalah bila Anda sesekali menunda belajar Anda karena terlalu lelah, tetapi jangan menjadikan itu suatu kebiasaan.  Jadikan bahasa Inggris bagian yang tak terpisahkan dari rutinitas Anda.

4. Bertanyalah

ANDA BUKANLAH SPONGEBOB! Jadi tidak mungkin Anda menyerap semua yang diajarkan dan tidak mempunyai hal-hal yang ingin ditanyakan.  Jangan takut untuk bertanya, baik kepada teman atau guru bahasa Inggris Anda di sekolah, kampus, kantor atau tempat kursus.

5. Belajar Sendiri di Rumah dan Carilah Mentor

Anda harus belajar dan mengulang di rumah dan tidak hanya mengandalkan apa yang Anda peroleh di sekolah, kampus atau di tempat kursus. Di samping itu, Anda juga harus memiliki seorang guru, tutor atau mentor yang akan memberikan instruksi dan bimbingan kepada Anda. Hal ini sangatlah penting. Karena jika Anda hanya mengadalkan buka saja tidaklah cukup. Namun, jangan hanya mengeluarkan buku Anda pada saat Anda di dalam kelas atau kampus saja.

6. Nonton Film Berbahasa Inggris

Ini adalah salah satu tips yang paling jitu. Menonton film berbahasa Inggris adalah cara terbaik belajar bahasa non-formal sehari-hari dan melatih kemampuan mendengar/listening. Anda tidak harus mengerti setiap kata di dalam film.  Film-film dengan dialog singkat, diikuti dengan jeda tanpa dialog adalah yang paling ideal – karena memberikan waktu untuk menyerap bahasa tersebut. Film romantis dan drama merupakan pilihan baik.

 

7. Dengarkan Lagu Bahasa Inggris


Di samping film, musik juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris.  Sekali waktu, jika Anda pergi ke tempat karaoke atau bernyanyi di depan TV rumah Anda, cobalah menyanyikan satu lagu bahasa Inggris. Ini cara yang baik untuk melatih mengekspresikan diri dalam berbahasa Inggris dan meningkatkan pengertian orang terhadap apa yang Anda katakan pada mereka dalam bahasa Inggris sekaligus melatih kepekaan dan penghayatan Anda terhadap pesan yang ada pada lagu tersebut.

8. Bangunlah Komunitas
Carilah teman yang juga gemar atau suka dengan Bahasa Inggris. Dengan merekalah Anda sharing dan berinteraksi dengan sering-sering menggunakan Bahasa Inggris. Karena jika Anda sharing atau berinteraksi dengan teman yang tidak begitu suka atau malah benci/takut dengan Bahasa Inggris, barangkali Anda akan disambut dengan sikap acuh tak acuh, senyuman sinis, diketawain, dibalas senyum-senyum doang, syukur-syukur tidak ditimpuk pake sepatu.
Next PostNewer Post Home

0 comments:

Post a Comment